Untuk Sewa Mesin Paving Hubungi 0812 1231 3066  

Pelaksanaan Sewa Mesin Paving

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan mengenai, bagaimana memulai penyewaan mesin paving serta langkah kerja hingga produk paving tersebut dipasang di jalan yang direncanakan, sehingga kualitas jalan paving yang Anda rencanakan dapat maksimal, serta memuaskan dan memiliki umur yang panjang setelah dipasang.

PEMESANAN MESIN PAVING

Setelah Anda menghubungi kami untuk mendapatkan jadwal ketersediaan mesin paving yang akan disewakan, serta ketersediaan operator mesin paving kami, maka kami akan memastikan kapan hari dan jam mesin paving kami siap berada di lokasi Anda.

Kemudian silahkan melakukan pembayaran uang muka, yaitu biaya mobilisasi, demobilisasi serta 50% biaya sewa mesin paving selama minimum 10 hari.

10 hari adalah kebijakan perusahaan kami mengenai jumlah minimum sewa unit mesin paving kami, atau setara dengan produksi 1.000 m2 paving jadi.

Kemudian sisanya 50% dari biaya sewa paving selama 10 hari yang belum terbayar, di bayarkan setelah unit mesin paving kami ada di lokasi Anda.


PENEMPATAN MESIN PAVING DI LOKASI

Agar mesin paving berjalan baik dan normal, diperlukan tempat yang memiliki dukungan sebagai berikut:

Kriteria Lokasi Produksi Paving

  • Tempat yang datar sekitar 15 m x 20 m dan tempat penumpukan produksi paving 100 m2.
  • Disekitar tempat tersebut tidak ada aktivitas yang akan terganggu akibat kebisingan.
  • Jauh dari aktivitas anak-anak atau masyarakat yang ingin menonton.
  • Dekat dengan sumber air, atau ada selang air yang menjangkaunya.
  • Tempat tersebut mudah dibongkar, akibat ceceran semen kering yang menyebar.
  • Radius 30 meter dari lokasi mesin akan terganggu debu selama produksi berlangsung.
  • Mesin paving akan menghasilkan getar ringan, yang mungkin juga dipertimbangkan lokasinya.


PRODUKSI PAVING DI LOKASI

Untuk mengoperasikan mesin paving, diperlukan 4 tenaga kerja yang telah kami sediakan, tetapi perlu didampingi setidaknya 2 tenaga lokal untuk melangsir serta penyiraman 3 x sehari selama 14 hari masa penjemuran.

Tempat penumpukan untuk produksi 12,5 m2 jalan jadi memerlukan lahan 1 m x 1 m, (lebar 1 m x panjang 1 m x tinggi 1 m) sehingga untuk produksi 1.000 m2 jalan jadi memerlukan tempat penumpukan produksi paving minium seluas 80 m2, disarankan disiapkan 100 m2.

Selama masa pengeringan 14 hari, paving jadi tersebut harus dapat disiram selama 3 x sehari, dan setelah dipasang selama 14 hari juga harus dilakukan penyiraman, sehingga total 28 hari paving tersebut harus dilakukan penyiraman, hal tersebut penting agar paving tersebut dapat mencapai kekutan K.300 (mampu dibebani 300 kg/cm2) atau bahkan K.400.

 

KEBUTUHAN MESIN GENSET

Kebutuhan tenaga penggerak  motor elektrik untuk mesin pres berkapasitas 8 buah paving sekali cetak, memerlukan dynamo  dua unit dengan total 9 kva ( 6.500 wat, 3 phase ) setara dengan  Genset 20 kva.

Mesin genset kami sediakan dan menjadi bagian unit yang disewakan, sedangkan untuk solar yang mengkonsumsi 5 liter solar per jam disiapkan oleh penyewa. 

Penggunaan listrik dari PLN dengan kapasitas 2.200 kva sesunguhnya lebih murah, tetapi kami tetap mengirimkan mesin genset, walau Anda mungkin tidak memerlukan jika ingin melakukan penghematan belanja solar dibandingkan dengan tagihan listrik PLN.

 

PEMASANGAN PAVING DI JALAN YANG DIRENCANAKAN

Jika Anda menginginkan warna-warni paving yang akan dipasang, silakan mendiskusikan dengan operator mesin paving yang kami tugaskan di lokasi Anda.

Disain dapat Anda sesuaikan, operator kami akan menyiapkan jumlah paving dengan warna khusus yang Anda minta, operator kami tidak memiliki pengalaman disain, jadi mereka hanya meminta jumlah paving warna dari Anda atau perencana yang anda tunjuk.

Sebagai panduan bagi perencana Anda, setiap satu meter persegi memerlukan 48 buah paving, tinggal dikalikan saja, luas yang ingin disesuaikan warnanya dengan jumlah paving yang diperlukan.

Ketebalan pasir pondasi jalan dibawah paving setidaknya 5 cm, dan jauh lebih baik jika dasar pondasinya sudah padat, karena kualitas jalan paving tergantung dari kepadatan tanah yang ada dibawahnya.

Jika pondasi jalan rusak, karena mutu paving yang maksimal maka tidak mudah patah, tinggal membongkar, memperbaiki pondasi jalan dan memasang kembali paving tersebut.

 

PERAWATAN JALAN PAVING

Kualitas paving K.300 mampu ditekan 300 kg/cm2, jika berat kendaraan 2 ton (2.000 kg) dan berat 6 penumpangnya dan barang bawaannya 500 kg maka ada total 2.500 kg. 

Jika 4 rodanya menahan seimbang, maka masing masing 650 kg dengan tapak karet ban yang bersentuhan dengan paving 10 cm2 (5cm x 10 cm), sehingga tiap cm2 terbebani  65 kg/cm2, sangat jauh dibawah kemampuan paving K.300 yang per cm2 mampu dibebani 300 kg.

Penyiraman selama 14 hari saat paving dipasang dan larangan dibebani beban berat seperti truk, kalau sekadar kendaraan pribadi mutu paving saat itu sudah mencapak K.200 sudah sangat mampu.

Jika pondasi jalan buruk, paving yang berkualitas tidak mudah hancur, tinggal dibongkar, perbaiki pondasi dan paving dipasang kembali, sering kali permasalahannya adalah kepedulian, artinya sengaja dibiarkan rusak, padahal hanya tinggal menambah pasir, dan paving siap dipasang kembali. 


PONDASI JALAN

Apapun jenis konstruksi penutup jalan yang Anda pilih, pondasi jalan menentukan hasil akhirnya, maka kepadatan tanah diatas jalan sebaiknya juga harus dijaga, tetapi paving memiliki kelebihan lain yaitu mampu di bongkar pasang jika pondasi jalan rusak.

Bandingkan dengan beton yang jika patah maka perbaikannya akan cukup berat, dan sisa bongkaran betonnya memiliki permasalahan tersendiri. Sedangkan paving cukup dibongkar dan pasang kembali, jika ada paving yang patah tinggal diganti sesuai jumlah paving yang rusak.


OVER PRODUKSI

Jika Anda sudah menemukan selisih harga, dapat menambah jumlah produksi di lahan Anda untuk dijual di sekitaran proyek atau sebagai bantuan CSR perusahaan Anda untuk meningkatkan kualitas jalan-jalan umum warga disekitar proyek Anda .

logo SewaMesingPaving.com